Update Harga Domba Texel dan Super Update Texel Terbaru di Kota Banjar

Berapa harga domba Texel di pasar tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya yaitu Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Domba Texel dikenal dengan daging unggulannya di seluruh dunia karena dagingnya yang tidak berlemak.

 

Genetik domba Texel sendiri sangat besar, berat, dan berotot, dengan wol berwarna putih keabu-abuan. Domba ini ditemukan hampir di seluruh dunia. Indonesia memiliki banyak pembudidaya.

 

Sekilas, wol tersebut terlihat mirip dengan Merino. Perbedaan domba Texel dan Merino justru terletak pada bulunya. Texel memiliki wol tetapi hanya di tubuhnya. Itu tidak menutupi wajah atau kaki.

 

Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kaki mereka, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia.

 

Berapa harga Texel super, fullblood atau cross sheep saat ini? Sebelum membahas harga, berikut informasi mengenai sejarah bagaimana Texel menjadi daging domba yang cukup populer di Indonesia.

 

Sejarah Populasi Domba Texel dan Harganya di Indonesia

 

Penyebaran domba Texel pada abad ke-18 telah menjangkau lebih dari 35 negara di dunia, termasuk di benua Eropa, Amerika dan Oseania. Populasi domba texel semakin meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Ini karena Texel memiliki daya tahan dan kemampuan beradaptasi yang sangat baik.

 

Texel, sebuah perusahaan Belanda, masuk ke Indonesia pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970. Pembangunan awal berpusat di Jawa Barat kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.

 

Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Produksi wol Texel masih belum sebanding dengan Merino, yang berdampak besar pada perekonomian suatu negara.

 

Sampai saat ini, peternakan domba Texel berpusat di Afrika, Belanda dan Australia. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, trah atau keturunannya.

 

Texel Cross betina super mulai umur 6-7 bulan harganya 1,75 juta. Sedangkan laki-laki dengan usia dan jenis yang sama harganya sekitar 2 juta.

 

Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa dapat menelan biaya hingga 60 juta dolar.

 

Rekor domba Texel termahal dipegang oleh seekor domba bernama Double Diamond. Dia adalah fullblood Texel besar yang dijual di lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90.000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

 

Ciri & Ciri-Ciri Domba Texel Di Indonesia

 

Di Indonesia, harga domba texel (super cross) sangat terjangkau. Ini membuat jenis domba ini populer. Domba texel wholeblood memiliki dampak positif pada peternakan dan kualitas.

 

Lebih baik mempelajari ciri-ciri dan ciri-ciri domba Texel agar lebih mengenalnya. Berikut beberapa ciri umumnya.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Ciri-ciri fisik domba Texel dapat dilihat. Secara fisik texel berbeda dengan domba penghasil wol, karena ukuran domba texel lebih besar. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.

 

1. Badan berotot besar/besar

Kerangkanya yang besar dan berotot adalah fitur yang paling jelas. Inilah mengapa domba Texel termasuk yang terbaik di dunia. Kekuatan Texel tidak hanya pada dagingnya, tetapi juga dalam memproduksi wol. Berkat tubuh berotot Texel, tekstur dagingnya tidak mengandung banyak lemak.

 

2. Muka Domba Texel Putih

Texel memiliki wajah putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba ini. Hanya rambut pendek yang membuat bentuk kepala Texel semakin terlihat jelas.

 

3. Tidak ada rambut di kepala dan kaki

Texel tidak memiliki wol di kakinya, kecuali di kepalanya. Domba ini memiliki 'penampilan lebih keren' dibandingkan domba atau kambing lainnya. Adanya bulu hanya di badan dan ekor saja, yang justru membuat penampilannya semakin besar dan sangat besar.

 

Domba Texel dewasa dapat mencapai berat hingga 160 kg per ekor. Domba Texel juga merupakan raksasa daging. Kambing Boer merupakan raksasa daging kambing.

 

4. Telinga pendek ke atas

Bentuk telinga merupakan ciri fisik selanjutnya. Apakah Texel itu murah atau mahal, telinganya akan sama: pendek dan tinggi. Telinganya tampak menghadap ke depan

 

Posisi n hampir horizontal.

 

5. Domba Texel memiliki hidung dan kuku berwarna hitam

Anda dapat memeriksa hidung dan kuku lebih dekat jika Anda mampu. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Kemudian dari karakter domba yang jinak, burung merpati, tidak garang seperti kambing petarung. Domba Texel bahkan lebih jinak, karena mereka ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Adapun domba Texel jantan, mereka sedikit lebih agresif daripada betina. Karakter domba Texel dijelaskan lebih rinci di bawah ini.

 

1. Meski badannya besar, tidak sulit untuk bergerak

Meskipun sayat memiliki tubuh yang besar, ditambah lagi dengan rambut di tubuh yang membuatnya semakin besar. Domba texel masih bisa bergerak dengan mudah. Pasalnya, struktur genetik domba Texel memang seperti itu, sehingga masih mampu menghasilkan daging berkualitas dunia di setiap bagian tubuhnya.

 

2. Mudah diperbanyak atau diperbanyak

Peternak dapat bersukacita karena domba Texel tidak memiliki anak domba, sehingga meningkatkan produktivitas. Bahkan, domba bunting jenis ini bisa dibeli dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com (GB Farm).

 

3. Laju pertumbuhan domba broiler lokal jauh melebihi rata-rata nasional

Seperti domba potong pada umumnya, pertumbuhan Texel sangat cepat. Dimana persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan sehari-hari. Menurut penelitian, Texel fullblood dewasa bertambah berat antara 300g dan 600g setiap hari.

 

4. Mudah Perawatan, Daya Tahan Tubuh Kuat, dan Mudah Beradaptasi

Domba Texel juga mudah dirawat. Domba ini mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim karena pernah tinggal di Pulau Texel. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh untuk mengobati dirinya sendiri, kita bisa mulai dengan daya tahannya yang kuat terhadap penyakit.

 

5. Bisa Bersahabat Jadi Bisa Menjadi Hewan Peliharaan

Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Pygmy berukuran kecil dan lucu, karena digunakan sebagai hiasan. Texel adalah kambing berukuran raksasa yang lucu dan menggemaskan.

 

Untuk penawaran harga Domba Texel atau jenis domba lainnya (fullblood atau blasteran), dapat menghubungi Gibas Barokah Modern Farm (GB Farm Ngawi). Anda dapat menemukan informasi kontak dan informasi di website gibasbarokah.com atau media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara beternak domba texel di indonesia

 

Fokus utama dalam beternak domba broiler seperti Texel adalah membuat domba menjadi gemuk dan cepat besar. Apakah hanya jenis dan pola pakan domba yang penting? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.

 

Ada juga beberapa cara pemeliharaan yang berhubungan dengan perawatan, kandang dan kebersihan, serta kondisi fisik domba. Lihat penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

 

1. Pastikan kandang cocok untuk penggemukan.

Ada berbagai jenis kandang broiler berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal yang bisa menampung beberapa ekor domba sekaligus, ada juga kandang individu yang digunakan untuk beternak. Intinya, memperhatikan kandang adalah tujuannya agar domba tidak stres.

 

Telah ditemukan bahwa stres dapat menyebabkan pertumbuhan domba berkurang. Kandangnya mungkin terlalu kecil, tidak nyaman, atau penuh sesak dengan orang.

 

2. Komposisi dan pola pakan domba seimbang

Penting untuk mendapatkan pola dan komposisi yang tepat untuk pakan Anda. Semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan Texel, semakin besar. Nutrisi ini dapat dibagi menjadi energi dan protein.

 

Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat antara lain ampas tahu, bungkil kelapa, bekatul, jagung dan ubi kayu. Sedangkan pakan hijauannya meliputi rumput gamal, kaliandra, daun lamtoro, rumput gajah, dan daun pisang.

 

Jumlahnya hanya sedikit, sekitar 1-3% dari berat total domba. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) menyumbang 10 hingga 25 persen dari bobot domba.

 

Peternak bebas menambahkan pakan lain, asalkan telah diuji secara menyeluruh atau berdasarkan pengalaman sebelumnya. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Karena mahalnya domba Texel maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi di atas.

 

3. Perawatan Fisik Tubuh Domba

Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu seperti wol yang tumbuh lebat di tubuhnya. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik minimal dua kali seminggu. Memandikan domba agar tetap bersih, membersihkan bulu, dan memotong kuku setiap enam bulan adalah beberapa rekomendasi perawatan.

 

Semua yang terbaik

 

Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.

 

4. Kontrol Kesehatan Domba Texel Biasa

Para petani kemudian perlu memantau status kesehatan Texel. Tentunya, Anda tahu apa yang harus diperiksa pada domba. Beberapa contohnya antara lain mata, hidung, mulut, kaki, anus, tingkah laku, dan gejala lainnya.

 

Pastikan mulut, hidung, dan mata Anda bersih (tidak ada lendir). Keempat kaki domba harus dapat menopang tubuh agar bebas bergerak, periksa juga bagian perut dan pastikan tidak sepihak. Anus digunakan untuk menentukan jenis penyakit.

 

Peternak juga dapat melakukan kontrol kesehatan dari melihat perilaku dan tingkah laku domba, apakah wajar atau tidak. Jika Anda melihat gejala aneh lainnya, pisahkan dari domba lain. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum melakukan pemeriksaan lebih detail.

 

5. Berikan Suplemen dan Vitamin jika Dibutuhkan

Cara beternak domba texel selanjutnya berkaitan dengan pemberian suplemen atau vitamin khusus. Biasanya setiap peternak memiliki caranya masing-masing agar pertumbuhan dombanya tetap optimal. Gunakan suplemen dari produsen atau suplemen fermentasi sayuran.

 

Domba yang sakit, perlupengobatan dan perawatan berkelanjutan. Kami dengan senang hati memberikan arahan jika Anda telah membeli domba dari GB Farm. Layanan ini adalah bukti bahwa GB Farm Ngawi peduli dengan setiap pembelian Anda.

 

Peternakan Gibas Barokah menawarkan harga terendah untuk domba Texel.

 

Pada akhirnya, jika Anda tertarik untuk mengusulkan domba jenis Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). GB Farm memiliki solusi untuk jenis persilangan yang dihasilkan dari persilangan domba super broiler.

 

GB Farm merupakan peternakan modern yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk Anda. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Juga jenis kambing seperti Boer, Anglo Nubians, Alps Saanen Pygmy Pygmy Pygmy dan kambing kurban. Peralatan yang digunakan dalam peternakan, atau untuk mengolah produk.

 

Berikut adalah beberapa jenis dan harga domba Texel berdasarkan keadaan masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm menawarkan domba Texel mulai dari 1,5 juta saja. Harga ini adalah salah satu yang terendah di Pasar Indonesia. Oleh karena itu sangat ideal untuk peternakan yang ingin memelihara atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.

 

Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Domba Texel betina ini merupakan hasil perkawinan silang dengan domba super pedaging yang kualitasnya terjamin. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang domba ini di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel Betina Hamil

Berikutnya ada pilihan domba texel bunting (dengan domba) dan domba texel hamil (dengan domba dorper fullblood). Texel hamil dengan domba mulai dari 3 juta. Mulai dari 5 jutaan untuk Dorper hamil fullblood.

 

Kriteria domba texel bunting antara lain: bobot tersedia 40 kg s/d 50 kg, 2 kali vaksin PMK, 1-3 induk laktasi, sehat 100%. Jaminan hamil dengan cek usg, informasi lengkap tentang paket ini bisa langsung di cek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba jantan texel dari persilangan adalah produk yang cukup langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 juta. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan peranakan disini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. 100% Domba Texel Fullblood Texel Asli

 

100% Fullblood Texel adalah produk domba Texel terbaik. Meski begitu, harga texel sekitar 50 juta, baik pria maupun wanita. Semua keunggulan genetik bawaan Texel berada di dalam tubuh domba. Pemesanan terlebih dahulu diperlukan untuk impor langsung dari peternakan Afrika.

 

Kami selalu senang untuk memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut panduan lengkap ciri, sejarah, perawatan domba Texel, dan harganya di Indonesia tahun ini.

 

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Infrastruktur dengan Pagar Beton dan Uditch dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

Apa Saja yang Diperbolehkan Masuk ke G-Max Reverse Bungy Singapore